A. Pendahuluan
Misi Rumah Sakit Dr. H. A. Rotinsulu diantaranya adalah
meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan,
ketrampilan dan bermoral tinggi. Dan pada akhirnya misi ini dilaksanakan dalam
rangka memberikan pelayanan prima dengan berdasar kepada kepuasan pelanggan
baik pelanggan eksternal maupun internal yang merupakan visi utama dari RS Paru
dr. H.A. Rotinsulu Bandung.
Untuk mencapai visi dan misi tersebut maka dilaksanakanlah
berbagai program, diantaranya melalui program kegiatan seminar maupun melalui
wadah organisasi diantaranya persatuan perawat nasional indonesia komisariat RS
Paru dr. H.A. Rotinsulu.
PPNI sebagai wadah organisasi perawat dan bagian integral
di rumah sakit ini bertekad untuk ikut berperan serta dalam mencapai visi dan
misi rumah sakit. Untuk itu dilaksanakanlah berbagai kegiatan dan program kerja
sesuai visi dan misi PPNI itu sendiri yaitu untuk membentuk organisasi mandiri
yang bermanfaat bagi anggotanya yang diantaranya adalah melalui kegiatan
seminar ilmiah.
Kegiatan seminar kali ini diadakan oleh dan untuk perawat,
dimana tema yang dipilih disesuaikan dengan brand rumah sakit yaitu paru dan
spesifik dunia keperawatan. Untuk itu disepakati tema mengenai perawatan luka pasca
bedah thorak paru dan sinergisme kebijakan birokrasi ( kemenkes ) dengan
organisasi profesi keperawatan.
Pemilihan tema ini dilatarbelakangi antara lain karena
bedah thorak paru merupakan salah satu unggulan pelayanan di rumah sakit ini.
Disamping itu banyaknya pasien yang mengalami sakit paru dan dilakukan
pembedahan sebagai penatalaksanaannya, memerlukan pelayanan yang lebih baik
termasuk didalamnya adalah pelayanan keperawatan. Sementara sinergisme
kebijakan birokrasi ( kemenkes ) dengan organisasi profesi keperawatan merupakan
hal penting yang menjadi acuan peraturan keperawatan yang tidak menimbulkan
dualisme.
Dalam rangka memberikan
pelayanan prima kepada pasien itulah diadakan suatu pembelajaran kembali dalam
bentuk seminar untuk menambah ilmu atau paling tidak mengingatkan kembali ilmu
yang pernah didapat sehingga dasar keilmuannya tetap terjaga dan pada
gilirannya akan menjamin keamanan, kenyamanan pelayanan khususnya keperawatan.
Seminar pada kesempatan kali ini ditujukan disamping untuk
perawat dilingkungan intern rumah sakit Dr. H. A. Rotinsulu juga diarahkan
untuk para perawat di luar rumah sakit Dr. H. A. Rotinsulu khususnya di wilayah
bandung dan sekitarnya, dan juga tidak lupa mahasiswa keperawatan di wilayah
bandung. Hal ini dilaksanakan dengan harapan dapat bermanfaat bagi rumah sakit
dan juga perawat di institusi lain dan tentunya hal ini juga merupakan upaya
promotif rumah sakit ke lnstitusi lainnya.
Untuk
terlaksananya acara seminar ini dengan sukses tentunya kerjasama dari semua
pihak sangat diperlukan, untuk itu diharapkan kepedulian dan kerelaan berbagai
pihak terkait.
B. Tema seminar
-
“Manajemen Perawatan luka pasca bedah
thorak paru terkini dan sinergisme kebijakan birokrasi ( kemenkes ) dengan
organisasi profesi keperawatan
-
Latar belakang pemilihan tema : dalam
lingkup penyakit paru dan pernafasan serta dunia keperawatan, bisa menarik
minat peserta, sebagai sarana pembelajaran diluar dan di dalam RS Paru Dr H.A.
Rotinsulu.
C. Tujuan
-
Terlaksananya program nyata Kegiatan
ilmiah PPNI komisariat RSP. Dr. H.A. Rotinsulu
-
Terlaksanakannya peran serta
organisasi perawat dalam mencapai visi dan misi rumah sakit khususnya dalam
pengembangan sumber daya manusia
-
Sebagai media pembelajaran
perawatan tentang pengetahuan terkini
D. Manfaat
-
Menambah ilmu pengetahuan bagi
perawat internal maupun eksternal rumah sakit
-
Sebagai ajang silahturahmi ilmiah
antar perawat di wilayah bandung dan sekitarnya
-
Pengetahuan yang bertambah oleh
perawat dapat lebih memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen
E. Metode
-
Ceramah
-
Diskusi /tanya jawab
F. Pembicara
-
Dr Peter Syarif, Sp. BTKV (Kepala Instalasi
Bedah RS Paru dr. H.A. Rotinsulu Bandung)
“ Mekanisme Pembedahan Thorak”
“ Perawatan Luka Pasca Bedah
Thorak Pada Penyakit Paru”
-
Mamat Lukman SKp Mkes (PPNI
Propinsi Jawa Barat)
“ Posisi PPNI
terhadap kebijakan birokrasi”
-
Sri Suhartati
S.Kp M.Kes (Direktorat keperawatan dan tehnis medis Kementerian Kesehatan RI)
“Kebijakan dan Rencana Strategis Kemenkes tentang
Keperawatan”
-
Puji Juwita Toyib, S. Kep, Ns
(Kepala Instalasi Rawat Intensif RS Paru dr H.A. Rotinsulu)
“ Tatalaksana perawatan pasien pada post Bedah Thoraks di
RS Paru dr H.A Rotinsulu ”
G. Peserta
-
Karyawan/Perawat RS &
Pelayanan kesehatan lain
-
Mahasiswa keperawatan
-
Peserta; 200 orang
-
Institusi Kesehatan Bandung dan
sekitarnya
H. Waktu dan tempat
-
Hari sabtu, 5 mei 2012, di Aula
Serbaguna RS Paru dr. H.A Rotinsulu Bandung
-
Susunan acara seminar keperawatan
Waktu
|
Acara
|
Keterangan
|
08.00
- 09.00
09.00
– 09.30
09.30
– 09.45
09.45
– 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.00
11.00
– 11.30
11.30
– 12.00
12.00
– 12.30
12.30
– 13.00
13.00
– 13.30
13.30
– 14.00
14.00
– 14.15
14.30
|
Pembukaan
-
Pembacaan ayat suci Al Quran
-
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
dan Mars PPNI
-
Sambutan ketua panitia
-
Sambutan PPNI Kota
-
Sambutan Direktur RS Paru dr H.
A. Rotinsulu
-
Pembacaan Doa
-
Penutup
Acara inti seminar
-
Dr Peter Syarif, Sp. BTKV
“ Mekanisme Pembedahan Thorak”
-
Tanya jawab
-
Presentasi produk sponsor
-
Coffee break (presentasi
profile RS Paru dr H.A. Rotinsulu; oleh Hasnah, S.Kp)
-
Nunung, S. Kep, Ns, ETN
“ Perawatan Luka Pasca Bedah Thorak Pada
Penyakit Paru”
-
Tanya jawab
-
Presentasi produk sponsor
-
Puji Juwita Toyib, S. Kep, Ns
“ Askep Pada klien dengan Pasca Bedah Thoraks”
-
ISOMA
-
Mamat Lukman SKp Mkes
“ Posisi PPNI terhadap
kebijakan Birokrasi”
-
Sri Suhartati S.Kp M.Kes
“Kebijakan dan Rencana Strategis Kemenkes tentang
Keperawatan”
-
Tanya jawab
Penutup
|
|
I.
Anggaran
-
Pendaftaran peserta; karyawan
75.000 dan mahasiswa 50.000
-
Sponsor terkait
-
Estimasi kebutuhan anggaran terlampir
J.
Susunan panitia
-
Terlampir
K. Penutup
Semoga seminar kali ini berjalan dengan sesuai yang
diharapkan dan tak kalah penting adalah dapat bermanfaat bagi dunia keperawatan
pada khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Untuk itu kami harapkan
kerjasama dari semua pihak dan atas kerjasamanya kami ucapkan banyak
terimakasih.
Susunan Kepanitiaan
Seminar Keperawatan RS Paru. Dr.
H.A. Rotinsulu Tahun 2012
A. Pelindung
Direktur Utama RS Paru. Dr. H.A. Rotinsulu : dr. H. Yunier Salim, MARS
B. Penasehat
1. Hj. Hasnah, S.Kep
2. Siti Rukmini,
S.Kep,Ns
3. Saiful Jumanurdin, Amd. Kep, S.Pd
4. Moh. Yudiana Sidik, BSC
5. H. Ujang Saepulah, SST
C. Penanggung Jawab
Ketua PPNI Komisariat RS. Paru.
Dr. H.A. Rotinsulu : Saelusmana, Amd.Kep
D. Panitia Pelaksana
1.
Ketua : Sofari Nurul Fauzi, S.Kep,Ns
2. Wakil Ketua
: Zeni Muhyidin, SST
3. Sekretaris :
Agus Suherman, Amd. Kep
Muhlis Amaludin, Amd.Kep
4. Bendahara : Ena
Elfiani, Amd.Kep
Diana Fitriani, Amd.Kep
5. Seksi –seksi
a.
Sie Acara
1) Yayat Hidayat, S.ST
2) Ahmad Gunawan, Amd. Kep
3) Nina Maryam, Amd.kep
b.
Sie Humas
1) Permana Sidik, Amd.kep
2) Yayu, Amd.kep
3) Ageng , Amd.Kep
c.
Sie Dekorasi dan dokumentasi
1) Trizady Zaenuri, Amd.kep
2) Sadudin Aziz ,Amd.kep
3) Wahidin, Amd.kep
4) Dadan Suprayoga, Amd.kep
d.
Sie Akomodasi
1) Slamet Wibut Mulyono Amd.kep
2) Hary Utomo
3) Dikdik Erwin, Amd.kep
4) Suci Vega , S.ST
e.
Sie Penggalangan Dana
1) M. Palih, Amd.kep
2) Risni Sri Widiarti, S.Kep,Ns
3) Dianita Putri, Amd.kep
f.
Sie Ilmiah
1) Leni Yonatan Selan, S.Kep,Ns
2) Eli Sri Rahayu, S.Kep,Ns
3) Irlani Kartika, S.kep,Ns
4) Puji Budhiajuwita, S.Kep,Ns
g.
Sie Konsumsi
1) Noor indiyah F, Amd.kep
2) Tuti Sunanti, SKM
3) Elys Sri Yuliana, Amd.kep
4) Cristiana Yuli Pratiwi, Amd.kep
h.
Sie Penerima Tamu
1) Erna Purnawati, Amd.kep
2) Sri Hartati, Amd.kep
3) Ratih Siti Suhartati, Amd.kep
i.
Sie Transportasi
1) Dede Fitra Hadiana, Amd.kep
2) Asep Duriat, Amd.Kep
SPONSORSHIP
A. SPONSOR UTAMA
Sponsor utama
mendanai kegiatan ini sebesar 40-50 % dari total anggaran yang diperlukan untuk penyelenggaraan
seminar. Sponsor utama hanya terbuka bagi 2 (dua) partisipan. Bagi yang
bersedia menjadi sponsor utama, kami memberikan tenggang waktu hingga 31 Maret 2012.
Fasilitas yang tersedia bagi sponsor utama adalah :
1. Hak pemasangan
spanduk perusahaan sebanyak 2 (dua) buah di lokasi seminar yang kami sediakan. Biaya
pembuatan spanduk ditanggung
perusahaan.
2. Hak pencantuman logo/nama perusahaan pada halaman luar sampul depan bagian atas buku acara/booklet
seminar.
3. Hak penyebaran brosur atau sampel produk perusahaan dilokasi kegiatan.
4. Presentasi produk selama 15 menit
5. Hak mengisi satu stand pameran. Peralatan disediakan perusahaan
B.
KO-SPONSOR
Ko-sponsor
mendanai kegiatan ini sebesar 15-20 % dari total anggaran yang diperlukan untuk
penyelenggaraan seminar. Ko-sponsor hanya terbuka bagi 2 (dua) partisipan. Bagi
yang bersedia menjadi ko-sponsor, kami memberikan tenggang waktu hingga 30 Maret
2012. Fasilitas yang tersedia bagi ko-sponsor adalah:
1. Hak pemasangan spanduk perusahaan sebanyak 1 (satu) buah dilokasi seminar
yang kami sediakan. Biaya pembuatan spanduk ditanggung perusahaan.
2. Hak pencantuman logo/nama perusahaan pada halaman luar sampul depan bagian
bawah buku acara/booklet seminar.
3. Hak menyebarkan brosur atau sampel produk perusahaan di lokasi kegiatan.
4. Hak mengisi satu stand pameran dilokasi kegiatan. Peralatan disediakan perusahaan.
C.
SPONSOR TEKNIS
Sponsor teknis
mendanai kegiatan ini sebesar 12,5 % dari total anggaran yang diperlukan untuk
penyelenggaraan seminar. Sponsor teknis terbuka bagi 4 (empat) partisipan. Bagi
yang bersedia menjadi sponsor teknis, kami memberikan tenggang waktu hingga 31 Maret 2012.
Fasilitas yang tersedia bagi sponsor teknis adalah:
1. Hak pemasangan spanduk perusahaan sebanyak 1 (satu) buah. Biaya pembuatan
spanduk ditanggung perusahaan.
2. Hak pencantuman logo/nama perusahaan pada halaman luar sampul depan bagian
bawah buku acara/booklet seminar.
3. Hak menyebarkan brosur
atau sampel produk kegiatan diloka si kegiatan.
D. PEMASANGAN IKLAN
1. Penawaran bagi partisipan yang akan memasang iklan pada booklet (buku
acara atau buku panduan) seminar adalah sebagai berikut:
2. ¼ halaman
sampul belakang booklet dengan fasilitas warna Rp. 2.000.000,00 (Hanya tersedia
untuk 4 partisipan)
3. Satu halaman dalam sampul depan booklet dengan fasilitas warna
Rp.2.500.000,00
4. Satu halaman dalam sampul depan booklet dengan fasilitas hitam-putih
Rp.2.000.000,00
5. Satu halaman dalam sampul belakang booklet dengan fasilitas warna
Rp.2.000.000,00
6. Satu halaman dalam sampul belakang booklet dengan fasilitas hitam-putih
Rp.1.500.000,00
7. Satu halaman lembar dalam booklet dengan fasilitas warna Rp.
1.250.000,00
8. Satu halaman lembar dalam booklet dengan fasilitas hitam-putih Rp. 750.000,00
9. ½ halaman lembar dalam booklet dengan fasilitas warna Rp. 650.000,00
10. ½ halaman lembar dalam booklet dengan fasilitas hitamputih Rp. 450.000,00
Bagi partisipan
yang akan memasang iklan pada booklet seminar, kami memberi tenggang waktu
hingga 31 Maret 2012.
E.
SKETSA PENEMPATAN SPONSOR
1.
Spanduk Kegiatan
Spanduk Kegiatan berukuran 5x1 meter (horizontal) dengan bahan kain dan
dipasang di lokasi kegiatan berlangsung
Sponsor Utama
|
Ko-Sponsor
|
|
Ko-Sponsor
|
Sponsor Utama
|
|
Ko-Sponsor
|
Ko-Sponsor
|
||||
Sonsor Teknis
|
Sonsor Teknis
|
Sonsor Teknis
|
Sonsor Teknis
|
||
2.
Poster
|
|||
SPONSOR UTAMA
|
|||
KO-SPONSOR
|
KO-SPONSOR
|
||
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
3.
Haluan Luar Sampul Depan Booklet
Halaman Luar Sampul Booklet
menggunakan bahan soft cover dengan tampilan warna penuh, sedangkan halaman
dalamnya dengan tampilan warna atau hitam putih
SPONSOR UTAMA
|
|||
|
|||
SPONSOR UTAMA
|
|||
KO-SPONSOR
|
KO-SPONSOR
|
||
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
SPONSOR TEKNIS
|
KESEDIAAN MENJADI SPONSOR
Yang bertanda tangan dibawah ini
Nama :
…………………………………..
Jabatan : ………………………………….
Nama Perusahaan : ………………………………….
Bersedia
menjadi *SPONSOR UTAMA / KO-SPONSOR / SPONSOR
TEKNIS/DONATUR. Selanjutnya akan mematuhi semua hak dan kewajiban sesuai ketentuan
yang telah disepakati bersama.
Hormat Saya
(………………………………..……………)
*Mohon dilingkari sesuai pilihan
KESEDIAAN MENJADI DONATUR
Yang bertanda tangan dibawah ini
Nama :
…………………………………..
Jabatan :
………………………………….
Nama Perusahaan :
………………………………….
Menyumbang berupa *UANG / BARANG Sebanyak
……………………………………………………………
Selanjutnya bersedia
mematuhi semua hak dan kewajiban sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama.
Hormat Saya
(………………………………..……………)
*Mohon dilingkari sesuai pilihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar